Home » Ceritaku » Day 7681, International Women Day But..

Day 7681, International Women Day But..

Ya, hari ini 8 Maret 2014 seharusnya diperingati sebagai International Women Day (1). Beda di dunia, beda yang terjadi di Indonesia. Di Indonesia, hari ini saat ini kita dihebohkan dengan terungkapnya dalang pembunuhan seorang gadis belia bernama Ade Sara Angelina Suroto (19 tahun) yang sebelumnya mayatnya ditemukan di pinggiran Tol Bekasi (2). Terungkapnya pembunuh Ade terbilang sangatlah cepat, polisi telah mampu mengungkap pelaku pembunuhan ini tepat sehari setelah mayat sang korban ditemukan (3). Hal ini tentu perlu untuk diapresiasi, mengingat mayatnya ditemukan tanpa identitas. Namun, berkat kecanggihan teknologi, melalui sidik jari korban yang dihubungkan dengan teknologi e-KTP maka identitas korban dapat segera ditemukan.

Kronologis yang diungkapkan oleh polisi (3) sebenarnya cukup memperlihatkan kedekatan antara pelaku dengan korban. Selain itu pengakuan dari Ibunda Ade sendiri semakin menegaskan bahwa sebenarnya hubungan antara pelaku dengan keluarga korban ternyata sangatlah baik (4). Akan tetapi apa daya, toh kejadian ini membuktikan bahwa apa yang dinilai sebagai sebuah kedekatan ternyata hanya sebuah kamuflase belaka. Kicauan pelaku di twitter semakin menunjukkan, bahwa pelaku (@HafitdASO dan @ASSYIFARS) pandai untuk bersandiwara (5). Telah terungkap pula bahwa pelaku telah merencanakan untuk melakukan pembunuhan ini satu pekan sebelum waktu eksekusi (6).

Pasal 340 KUHP yang disangkakan kepada pelaku tentu merupakan hal yang lumrah melihat bahwa pelaku melakukan pembunuhan dengan sengaja dan terencana (7). Hal yang mengherankan, adalah alasan pembunuhan yang saling berkebalikan antara kedua pelaku. Sang pria beralasan bahwa dia tersinggung karena korban memutuskan 100% hubungan di antara mereka, bahkan sampai menolak untuk bertemu, sedangkan sang wanita beralasan bahwa dia terbakar api cemburu (6). Tentu hal inilah yang semakin membuat miris, alasan yang berkebalikan menjadi sebuah pembenar untuk melakukan pembunuhan.

Ketika kita melihat lebih dalam kasus ini, maka dapat terlihat bahwa sebenarnya pelaku pria merupakan seorang pencemburu berat (8). Hal inilah yang ditengarai sebagai penyebab putusnya hubungan pelaku dengan korban. Jika kita coba pahami, mungkin pelaku sebenarnya tidak terima putus dengan korban dan menyimpan rasa sayang. Sikap kurang dewasa dari pelakulah yang menyebabkan dia melebih-lebihkan tindakan korban dan akhirnya nekat untuk melampiaskan kemarahannya dengan mengeksekusi korban. Terlebih, diduga pelaku menyiksa korban dengan listrik sebelum akhirnya korban meninggal tak berdaya (7).

Pelajaran yang mungkin bisa di ambil dari sini adalah, jangan lah bermain cinta sebelum cukup umur. Buah tidak akan berasa manis sebelum tiba waktunya untuk dipetik. Mungkin nasehat untuk kita semua, bahwa perasaan cinta  bukanlah pembenar untuk melakukan segalanya, pikirkanlah semua dengan logika sebelum bertindak. Perasaan memang dapat menipu kita, logika pun juga demikian, namun bila keduanya digunakan bersamaan tentu hal inilah yang lebih baik bagi kita. Ingatlah juga, bahwa Allah akan selalu bersama orang-orang yang bersabar.

Semoga tulisan yang singkat ini bisa menjadi pembelajaran untuk kita semua,,

Referensi:
1. http://www.internationalwomensday.com/about.asp
2. http://megapolitan.kompas.com/read/2014/03/06/1703440/Diduga.Dibunuh.Mahasiswi.Ditemukan.Tak.Bernyawa.di.Tol.Bintara
3. http://megapolitan.kompas.com/read/2014/03/06/2251116/Mahasiswi.UBM.Dibunuh.Mantan.Pacar.Sendiri
4. http://megapolitan.kompas.com/read/2014/03/07/1457334/Ibu.Ade.Sara.Maafkan.Pembunuh.Putrinya
5. http://megapolitan.kompas.com/read/2014/03/07/1019542/Pembunuh.Mahasiswi.Bergelang.Java.Jazz.Dihujat.di.Twitter
6. http://megapolitan.kompas.com/read/2014/03/07/1438368/Rencana.Pembunuhan.Ade.Sara.Dibuat.Seminggu.Lalu
7. http://megapolitan.kompas.com/read/2014/03/07/1549378/Pembunuh.Ade.Sara.Buang.Alat.Setrum.di.Parit.Dekat.Rumahnya
8. http://megapolitan.kompas.com/read/2014/03/07/1402402/Hafitd.Satu-satunya.Mantan.Pacar.yang.Dikeluhkan.Ade.Sara

One thought on “Day 7681, International Women Day But..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s